Senin, 10 Oktober 2016

TUGAS TERSTRUKTUR TATAP MUKA KE-6 DAN KE-7

1.      Jelaskan mengapa suatu sikloheksana terdistubsituent cis- cis 1,3 lebih stabil dari pada struktur trans padanannya.
 
      jawab: 
      berdasarkan stabilitas termodinamika maka bentuk kursi lebih stabil dibanding dengan konformasi dalam bentuk prahu (gaya tolaknya lebih rendah), sehingga kesetimbangan lebih mengarah ke bentuk kursi. untuk sikloalkana lebih besar daripada sikloalkana seperti sikloheptana dan seterusnya angel of strain juga lebih besar dari 11 dengan sudut di atas 109 derajat. hal inilah yang menyebabkan pada umumnya yang ditemukan adalah sikloheptana dan sikloheksana. siklo heksana terdistribusi mono, di, tri, dan seterusnya maka pakai substituen pada setiap atom karbon yang dapat berada pada posisi aksial (a) dan posisi ekuatorial (e) sebagai berikut ini :



      suatu gugus metil tunggal menyukai posisi ekuatorial pada suatu cincin sikloheksana, dua gugus metil pada suatu cincin sikloheksana juga menyukai posisi-posisi ekuatorial, jika dimungkinkan. dalam hal sikloheksana ter-1,2-disubstitusikan, trans-isomer lebih stabil daripada trans cis-isomer, karena kedua substituennya dapat berposisi ekuatorial. tetapi bila kedua substituen itu 1,3 satu terhadap yang lain pada suatu cincin sikloheksana, maka cis-isomer akan lebih stabil daripada trans-isomer karena kedua substituen dala 1,3-isomer, dapat berposisi ekuatorial dalam trans 1,3-isomer, satu gugus terpaksa berposisi aksial
 
 
 
 
 
 
2.      Tuliskan proyeksi fischer untuk semua konfigurasi yang mungkin dari 2,3,4 pentanatriol. Tunjukkan pasangan-pasangan enantiomernya.
 
 
      jawab  :

2,3,4-pentanatriol.
 
 
 

1 komentar:

  1. Assalamu'alaikum warahmatullah
    Nama : Ultha Windara Eka Wardanni
    Nia jawaban saya, apabila gugus metil dalam metil sikloheksana berda pada posisi aksial maka gugus metil itu dan hidrogen-hidrogen aksial pada satu cincin akan saling menolak. Pada 1,3–dimetilsikloheksana dengan konformasi cis berada pada ekuatorial,akuatorial (e,e) sedangkan 1,3–dimetilsikloheksana dengan konformasi trans berada pada aksial, ekuatorial (a,e) hal ini lah yang menyebabkan suatu sikloheksana terdisubstitusi-cis-1,3 lebih stabil dari pada struktur-trans-padanan nya.

    BalasHapus